Penyebab Panu

Penyebab Panu – Panu adalah penyakit yang disebabkan oleh jamur Malassezia, penyakit ini pada dasarnya tidak berbahaya. Jamur ini ditemukan pada kulit manusia yang telah dewasa, jamur ini mulai menimbulkan bercak-bercak putih di kulit saat perkembangbiakannya tidak terkendali.

Sampai saat ini belum diketemukan secara jelas apa yang menyebabkan perkembangan jamur Malassezia menjadi tidak terkendali pada sebagian orang dan tidak pada sebagian lainnya. Tingkat kebersihan seseorang diperkirakan tidak berhubungan dengan munculnya kondisi ini.

Ada beberapa faktor pada diri seseorang menurut para ahli kesehatan yang bisa memicu penyebab panu ini, yaitu:

1. Memiliki kulit berminyak
Kulit berminyak memicu kelembapan kulit yang tinggi ini bisa menyebabkan berkembang bu=iaknya jamur Malassezia secara berlebihan.
2. Tinggal di daerah lembap yang bersuhu hangat
Daerah yang hangat memicu kulit uintuk berkeringat, ini juga memicu pertumbuhan jamur Malassezia.
3. Berusia remaja atau awal 20-an
Perkembangan hormon yang belum stabil pada usia akil balik atau pertumbuhan bisa juga mengakibatkan tubuh mudah terserang panu.
4. Sering mengeluarkan keringat berlebihan
5. Memiliki tingkat kekebalan tubuh yang rendah
6. Kurang menjaga kebersihan seperti jarang mandi
7. Memakai pakaian yang tidak tepat seperti pakaian ketat, dan pakaian tak menyerap keringat

Penyebab Panu

Bila dada diciri ciri seperti di atas kemungkinan besar Anda terjangkit panu, penyakit panu juga bisa disembuhkan dengan obat tradisonal dan juga obat yang dapat dibeli di apotik.

Gejala Panu

Penyakit panu kadang muncul tanpa kita sadari, apalagi jika terjadi di punggung yang tidak terlihat oleh mata. Gejala yang umum biasanya yaitu rasa gatal ketika berkeringat atau warna permukaan kulit berubah menjadi putih, cokelat, bahkan merah, tergantung dari pigmen kulit penderita.

Gejala penyakit panu biasanya akan timbul ruam kulit dalam berbagai ukuran dan warna, lalu kulit serasa ditutupi oleh sisik halus dengan rasa gatal. Terkadang timbul tanpa adanya keluhan dan hanya gangguan kosmetik saja. Warna-warna ruam kulit pada penderita penyakit panu ini tergantung dari pigmen normal kulit penderita, paparan sinar matahari dan lamanya penyakit. Namun, terkadang warna ruam kulit sulit untuk dilihat. Tinea versicolor dapat terjadi di mana saja seperti di permukaan kulit, lipat paha, ketiak, leher, punggung, dada, lengan dan wajah.

Marilah kita mulai menjaga kesehatan dan kebersihat tubuh kita. Semoga informasi penyakit panu ini berguna.
Terima Kasih!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *